Thursday, November 26, 2015

TEORI-TEORI PERILAKU KONSUMEN

Teori-teori yang berkaitan dengan perilaku konsumen dapat dibedakan menjadi empat bagian, (Basu, Swastha, dan T.Hani handoko, 1987), yaitu:

Teori Ekonomi Mikro

Menurut twoeri tersebut keputusan untuk membeli merupakan hasil perhitungan ekonomis rasional yang sadar. Pembeli individual berusaha menggunakan barang-barang yang akan memberikan kegunaan (kepuasan) paling banyak, sesuai dengan selera dan harga-harga relative.

Teori Psikologis

Teori psikologis ini mendasarkan diri pada factor-faktor psikologis individu yang selalu dipengaruhi oleh kekuatan-kekuatan lingkungan.

Teori Belajar

Teori belajar biasanya lebih menekankan pada tindakan penafsiran dan peramalan terhadap proses belajar konsumen merupakan kunci untuk mengetahui tingkah laku pembelinya. Beberapa prinsip yang terkandung dalam teori ini adalah:

Stimulus response

Menurut teori ini, proses belajar merupakan suatu tanggapan dari seseorang (atau binatang) terhadap rangsang yang dihadapinya.

Cognitif theory

Menurut teori kesadaran, proses belajar itu dipengaruhi oleh factor sikap, keyakinan, pengalaman masa lalu, dan kesadaran mengetahui bagaimana memanfaatkansuatu kesadaran untukmencapai tujuan ataukesadaran untuk mengorganisir nilai.

Gestalt dan field theory 

Gestalt memandang bahwa rangsang individual  diterima dan diartikan berdasarkan pengalaman masa lalu, proses pengamatan dan pengarah tujuan.

2 comments: